Mahathir Keluar Dari Barisan Nasional

admin 29/02/2016 0
Mahathir Keluar Dari Barisan Nasional

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengundurkan diri dari partai berkuasa United Malays National Organization (UMNO), Senin (29/1). Ia mengatakan, keputusan itu dibuatnya terkait dukungan UMNO untuk Perdana Menteri Najib Razak dalam kasus 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

“Organisasi yang dipimpin Najib sekarang bukan lagi UMNO yang didirikan pada 11 Mei 1946,” kata dia, dikutip The Star. Dalam konferensi pers hari ini di Perdana Leadership Foundation, Mahathir mengatakan tidak akan membentuk partai baru atau bergabung partai lainnya.

Ketika ditanya soal posisi anaknya, Mukhriz Mahathir, yang juga berada di dalam UMNO, Mahathir lepas tangan. “Saya tidak berbicara untuk anak saya, tapi istri saya ikut meninggalkan UMNO,” katanya.

Ini bukan pertama kali Mahathir keluar partai. Ia pernah dikeluarkan dari UMNO pada 1969 oleh Abdul Rahman ketika terjadi kericuhan. Namun, ia masuk UMNO kembali pada 1972.

Kali ini adalah kedua kalinya ia keluar partai dengan kemauannya sendiri. Yang pertama pada Mei 2008 selama ketegangan dengan mantan PM Abdullah Ahmad Badawi.

Pada 2009, ia bergabung kembali ketika Najib jadi Perdana Menteri. Mahathir yang tahun ini berusia 90 tahun itu memimpin UMNO dari 1981 hingga 2003 ketika menjabat posisi Perdana Menteri.

“Beberapa orang mengatakan saya kecewa bahwa anak saya tidak jadi perdana menteri. Jika saya menginginkannya, saya bisa mempromosikan ia selama saya jadi perdana menteri,” kata dia. Mahathir menegaskan, ia tidak melakukan nepotisme dan ia sangat tegas tentang hal ini.

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Ilham / Republika.co.id
Source: AP

Leave A Response »

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com