Jusuf Kalla Pernah Marah Karena Bunga KUR Tinggi

admin 30/10/2015 0
Jusuf Kalla Pernah Marah Karena Bunga KUR Tinggi

Jusuf Kalla Pernah Marah Karena Bunga KUR Tinggi
Suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengusaha menengah ke bawah awalnya ditetapkan sebesar 22 persen.
Mendengar itu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengaku sempat marah.
JK beranggapan bunga kredit itu terlalu besar.
“Kita mahal dari segi keuangan, bunga tinggi daripada negara lain, malah KUR dulu 22 persen (bunganya). Saya marah,” kata Jusuf Kalla, dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HPPI), di hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).
Jusuf Kalla mengaku marah, karena KUR yang diperuntukan untuk pengusaha kecil, justru bunganya ditetapkan lebih mahal yakni sebesar 22 persen.
Padahal pinjaman lain untuk pengusaha menengah keatas, bunganya lebih kecil, hanya sekitar 10-11 persen.
“Bahaya ini, turunkan. Jadi jangan untung karena membebani rakyat kecil, jadi tidak adil. KUR lebih penting. Sampai saya marah betul,” jelasnya.
Akhirnya ia menginstruksikan agar bunga KUR diturunkan, solusinya adalah dengan memberikan subsidi oleh pemerintah agar bunga KUR lebih rendah dari 22 persen. Hal itu menurutnya akan jauh lebih baik, walau pun menambah beban pemerintah untuk subsidi.
“Terpaksa dengan beban pemerintah sebagiannya, besok subsidinya makin lama makin turun, lama-lama tidak ada subsidinya,” jelasnya.
Bunga KUR sebesar 22 persen menurutnya juga tidak akan menarik, karena banyak kredit lain yang menawarkan pinjaman lebih rendah.
Bahkan bila dibandingkan negara-negara lain yang ekonominya lebih baik, Indonesia termasuk negara yang menetapkan suku bunga tinggi.
“Kita harus jadikan efisien, bagai mana bisa bersaing kalau di China bunganya empat (sampai) lima persen, kita turunkan walaupun dengan subsidi juga,” tandasnya.

Populi Center: Turun, Tingkat Kepuasan Publik Atas Kinerja Jokowi dan JK
Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Hasanudin Aco

Leave A Response »

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com